Twitter Akan Hapus Akun yang Lama Tidak Aktif Mulai 11 Desember

Kemala Putri . November 27, 2019
Teknologi.id - Twitter dikabarkan akan melakukan pembersihan akun di platform-nya mulai 11 Desember mendatang. Pembersihan yang dimaksud adalah Twitter akan menghapus secara permanen akun-akun yang tidak melakukan sign in lebih dari enam bulan. "Sebagai bagian dari komitmen kami melayani percakapan publik, kami melakukan bersih-bersih akun yang tidak aktif untuk menampilkan orang-orang dan informasi lebih akurat yang bisa dipercaya pengguna. Bagian dari upaya ini adalah mendorong pengguna untuk secara aktif log in ke akun mereka," kata juru bicara Twitter seperti dikutip dari The Verge, Rabu (27/11/2019). Untuk menjaga agar akunnya tak dihapus, pengguna hanya perlu masuk (login) ke akun mereka. Pengguna tidak harus mencuitkan sesuatu untuk menandakan akun mereka aktif.

Baca juga: Terungkap! Begini Nasib Ponsel BM Saat Aturan IMEI Berlaku 18 April 2020

"Kami meminta pengguna agar login dan menggunakan Twitter ketika mereka membuat akun (Twitter)," jelas juru bicara Twitter, seperti dikutip dari The Verge, Rabu (27/11/2019). Aksi bersih-bersih ini jadi kesempatan bagi pengguna yang sudah lama mengincar nama akun Twitter tertentu. Karena, akun-akun ini kemungkinan tersedia untuk digunakan setelah Twitter menghapus akun lama yang tidak aktif lagi. Namun, Twitter tidak menyebutkan kapan tepatnya nama akun yang diincar tersedia. Yang jelas, bersih-bersih akun ini akan berlangsung secara bertahap, jadi tidak akan dilakukan sekaligus pada 12 Desember.

Alasan Dibalik Penghapusan Akun yang Lama Tidak Aktif

Twitter menyebut penghapusan akun ini dilakukan sebagai upaya mereka menyajikan "informasi yang lebih akuirat dan kredibel" agar dipercaya pengguna. Twitter juga menyebut akan mempersulit peretasan akun. Hal ini kerap dilakukan para pedagang pornografi dan para penyebar propaganda yang kerap menyebarkan spam.

Baca juga: Ini Alasan Mendikbud Nadiem Makarim Tidak Punya Akun Media Sosial

Sejauh ini Twitter belum berkomentar apakah kebijakan penghapusan akun akan berlaku pada akun milik orang yang sudah meninggal. "Kami saat ini belum punya fitur untuk mengenang akun orang yang sudah meninggal. Tapi, tim kami sedang memikirkan cara untuk melakukannya," tambah juru bicara Twitter. Para pengguna yang menggunakan bot atau memiliki akun kedua tetap bisa menggunakan akun tersebut. Dengan syarat akun tersebut masih aktif (dwk)
author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar