Facebook dan Instagram Sempat Down Tadi Malam, Ini Penyebabnya

Kemala Putri . November 29, 2019
facebook dan instagram
Foto: KCRA.com
Teknologi.id - Facebook dan Instagram sempat mengalami down alias tumbang pada Kamis (28/11/2019) malam. Para pengguna mengeluhkan tidak bisa mem-posting unggahan ke Facebook, meng-update feed Instagram, maupun caption Instagram yang tidak muncul. Beberapa jam lalu, Facebook menyebut bahwa layanan-layanannya sudah normal dan bisa diakses kembali. Melalui pernyataan resmi, pihak Facebook pun mengungkapkan masalah yang menyebabkan layanannya mengalami down. "Hari ini, masalah di salah satu sistem perangkat lunak pusat kami menyebabkan banyak orang kesulitan mengakses keluarga aplikasi Facebook," kata juru bicara Facebook, seperti dikutip Teknologi.id dari laman The Verge, Jumat (29/11/2019).

Baca juga: Facebook Pay Diluncurkan, Jadi Alat Pembayaran di Instagram dan WhatsApp

Facebook juga menyebut, pihaknya langsung menyelidiki dan mulai memulihkan akses. "Kami sekarang memantau untuk pemulihan penuh. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," kata Facebook. Begitu pun dengan Instagram. Melalui cuitannya, Instagram mengumumkan layanannya sudah bisa diakses kembali.

Facebook dan Instagram Down

Sebelumnya pada Kamis malam, banyak laporan dari pengguna di seluruh dunia yang menyebut layanan Instagram Down. Berdasarkan situs Down Detector, Instagram down terjadi sejak pukul 20.55 WIB dan mulai meningkat pada pukul 22.00 WIB. Tumbangnya Instagram paling parah terjadi di Eropa Tengah. Pengguna yang berdampak pun cukup beragam dari segi lokasinya, termasuk daerah Amerika Serikat, Jerman, Inggris, Singapura, dan Indonesia. Sementara itu, masalah Facebook error banyak menimpa pengguna di Amerika Serikat. (dwk)
author
1 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar