BrandZ Rilis 50 Merek Indonesia Paling Bernilai, Gojek Tembus Peringkat 6

Fahad Mulyana . August 28, 2019
Teknologi.idGojek berhasil menembus urutan ke 6 dalam BrandZ Top 50 Most Valuable Indonesian Brands atau daftar 50 merek Indonesia yang paling bernilai berdasarkan riset dari lembaga WPP dan Kantar. Di daftar yang telah memasuki usia 5 tahun pelaksanaannya di Indonesia ini, Gojek mengalahkan berbagai brand start up lainnya seperti Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak. Bahkan, Gojek juga mengalahkan berbagai brand yang telah berusia puluhan tahun seperti Dji Sam Soe, Gudang Garam, Marlboro, dan Indomie.

Baca Juga: Cyberjek Resmi Meluncur, Ramaikan Persaingan Transportasi Online Tanah Air

"Pengalaman pelanggan merupakan hal yang utama bagi konsumen Indonesia, brand yang dianggap meningkatkan kualitas hidup mereka, walaupun untuk hal kecil, memimpin dalam hal pertumbuhan nilai brand," ungkap Country Manager WPP untuk Indonesia dan Vietnam, Ranjana Singh. Menurut hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI), Gojek telah berkontribusi sebesar 44,2 T ke dalam perekonomian Indonesia di tahun 2018. Beberapa merek terkemuka yang berekspansi ke negara lain seperti Vietnam, Filipina, Thailand, Malaysia, dan India semakin mendorong peningkatan kontribusi untuk perekonomian nasional. Indomie, Gojek, Traveloka, Bukalapak dan merek Ritel Alfa (no.23, $ 653 juta) adalah contoh merek yang menciptakan kebutuhan di negara lain dan melokalkan layanan mereka. 

BCA teratas

Sementara itu di peringkat teratas, Bank Central Asia (BCA) masih memimpin dengan peningkatan sebesar 3% dari nilai tahun lalu sebesar US$12,7 miliar menjadi US$13,1 miliar. Peningkatan ini didorong oleh inovasi mobile banking seperti penarikan tunai tanpa kartu, pembukaan akun melalui mobile banking BCA, dan pengalihan akun dengan kode QR dan e-wallet. Muhammad Ilham, Group Director Kantar Indonesia mengatakan layanan keuangan mendominasi posisi dari hasil riset Brandz “40% atau US$34 miliar dari total brand value merupakan kategori banking,” kata dia. BRI menempati posisi kedua dengan nilai merek sebesar US$11 miliar. Sementara Telkomsel berada di urutan ketiga dengan brand value sebesar US$7,3 miliar.

Baca juga: IDByte 2019 Hadirkan Turnamen PUBG Mobile Berhadiah Rp 750 Juta dan Konferensi Esport

Tren utama yang disorot dalam penelitian Top 50 BrandZ Indonesia meliputi: menjadi berarti bagi konsumen Indonesia, memanfaatkan kebanggaan lokal dan membangun kegembiraan melalui pengalaman di media sosial. Dibandingkan negara lain, Top 50 Brands di Indonesia memperoleh nilai tinggi dengan skor indeks sebesar 130, berada di urutan ke-2 setelah Cina. Berikut daftar lengkap BrandZ Top 50 Most Valuable Indonesian Brands atau 50 merek Indonesia paling bernilai tahun 2019: 1. BCA 2. BRI 3. Telkomsel 4. A Mild 5. Mandiri 6. Gojek 7. Dji Sam Soe 8. Surya 9. Gudang Garam 10. Tokopedia 11. BNI 12. Marlboro 13. Traveloka 14. Indomie 15. U Mild 16. Rinso 17. Ponds 18. Matahari 19. XL Axiata 20. IndiHome 21. Indosat Ooredoo 22. Pepsodent 23. Alfamart 24. ABC 25. Bango 26. Ace Hardware 27. Pakuwon Jati 28. Aqua 29. Sariwangi 30. Sinarmas Land 31. Pondok Indah 32. Ciputra 33. Bukalapak 34. Fifastra 35. Sunsilk 36. SCTV 37. Sinarmas Multiartha 38. Lifebuoy 39. Smartfren 40. Garuda Indonesia 41. Summarecon 42. Citra 43. Supermi 44. CIMB Niaga 45. Sarimi 46. Clear 47. Lippo 48. BTN 49. Bank Mega 50. Roma (FM)
author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya